Sabar dalam menuntut ilmu agama


Al-'Allamah Muhammad bin shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata,

Perkara kedelapan : Hendaknya penuntut ilmu bersabar ketika mencari ilmu

Hendaklah seorang penuntut ilmu menetapi ilmu, tidak berhenti dan tidak merasa bosan. Bahkan (seharusnya) dia konsisten dalam mempelajari ilmu sesuai dengan kemampuan. Hendaklah dia bersabar di atas jalan ilmu dan jangan pernah merasa bosan. Karena sesungguhnya manusia apabila ditimpa oleh rasa bosan (dari mempelajari ilmu), dirinya akan merasa letih dan (berhenti)  meningggalkan (ilmu).

Namun, apabila dirinya senantiasa bersabar di atas jalan ilmu, maka sungguh dirinya akan mendapatkan pahala orang-orang yang bersabar dari satu sisi, dan di sisi lain dia akan memperoleh hasil yang baik (ilmu).

Dengarkanlah firman Allah ta'ala kepada Nabi-Nya :

Artinya, _"Itu adalah di antara berita-berita penting tentang yang gaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); tidak pernah kamu mengetahuinya dan tidak (pula) kaummu sebelum ini. Maka bersabarlah; sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa."_ *(Q.S Huud : 49)*

Kitab al-Ilmi hal 32-33

=============================

قال العلامة محمد بن صالح العثيمين رحمه الله تعالى: 

الأمر الثامن: أن يكون الطالب صابرًا على العلم:

أي مثابرًا عليه لا يقطعه ولا يمل بل يكون مستمرًّا في تعلمه بقدر

المستطاع، وليصبر على العلم، ولا يمل فإن الإنسان إذا طرقه الملل استحسر وترك، ولكن إذا كان مثابرًا على العلم فإنه ينال أجر الصابرين من وجه، وتكون له العاقبة من وجه آخر، واستمع إلى قول الله - عز وجل - مخاطبًا نبيه: {تِلْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الْغَيْبِ نُوحِيهَا إِلَيْكَ مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَا أَنْتَ وَلَا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هَذَا فَاصْبِرْ إِنَّ الْعَاقِبَةَ لِلْمُتَّقِينَ} [هود: ٤٩] .

[ كتاب العلم :ص:٣٢-٣٣]

Silakan mengambil dan menyebarkan khazanah dalam bentuk artikel maupun audio dari website SalafyBandung.com untuk kepentingan dakwah Islam, dan bukan untuk kepentingan komersial. Cantumkan URL SalafyBandung.com agar dakwah ini semakin tersebar ke seluruh pelosok negeri. Baarakallahu fiikum.
Previous
Next Post »